Tuesday, December 06, 2011

Romantisme Di Ujung Nafas.............!!

Bilal bin Rabah, Sang Muadzin Nabi


Ketika Bilal didatangi kematian… Istrinya berkata, “sungguh kami akan sangat bersedih.” Bilal membuka kain yang menutupi wajahnya, saat itu ia dalam
sakratul mautnya. Dia kemudian berkata, “Jangan kau katakan demikian. Katakanlah, sungguh kami akan sangat bahagia” Kemudian dia berkata lagi, “Besok aku akan bertemu pujaanku, Muhammad SAW dan para sahabatnya.” 

Muadz bin Jabal, radiallahu anhu.
. “Ya…. Allah, aku dulu sangat takut pada-Mu. Tetapi hari ini aku ingin bertemu dengan-Mu. Ya… Allah, sesungguhnya Engkau Maha Tahu bahwa aku tidak mendahulukan dunia untuk akheratku.”

Kagum sekaligus sedih mengetahui sejarah sakaratul maut para sahabat Nabi Muhammad yang dengan tenangnya di akhir hyatnya padahal Nabi neggambarkan Kematian tdk semanis yg kita bayangkan..

Diriwayatkan dari Syahr bin Husyab dia berkata, Rasulullah saw ditanya tentang beratnya kematian? Dia (saw) bersabda, “kematian yang paling ringan adalah seperti bulu wol yang tercerabut dari kulit domba. Apakah mungkin kulit dapat keluar kecuali bersama bulu-bulunya itu?”

 Ketenangan mereka saat menghadapi sakartul maut tiada lain karena jelas surga sudah menjadi jaminan mereka di akherat kelak....

Di Luar semua itu aku sedih saat membyangkan ajal datang padaku.. di saat aku belum mampu membawa bekal untuk akhirat kelak....
akan kah aku seromantis mereka saat malaikat ajroil melaksanakan tugasnya padaku...? sedangkan ku tak setgar mereka dalam menjalankan segala perintah-NYA...bahkan acap kali ku merengek meski hanya menahan haus dan lapar di bulan Ramadhan..,,ingin ku tirukan ucapan  Sa’ad bin Abi Waqash, radiallahu anhu   saat beliau menemui ajalnya..

“Aku berjuang melawan orang-orang Musyrik pada perang Badr (dengan pakain ini), dan aku menyimpannya untuk hari ini!”
ingin rasanya kelak ku berucap :
" Aku berjuang melawan Hawa Nafsuku selama hidupku untuk bekalku di akhirat kelak, dan hari ini ku membawa semua (bekal) itu."

Kembali tetesan bening  membasahi kelopak mataku karena belum sanggupnya aku menggapai cita2 itu...............

sumber : fb catatanku

No comments:

Post a Comment

bagi yang mau brbagi coment atau opini silahkan....

MY BLOG